cover
Contact Name
sarnoto
Contact Email
jurnalmadani2020@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalmadani2020@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi Barat Kota Bekasi
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Madani Institutte : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Budaya
ISSN : 2303145X     EISSN : 2776978X     DOI : https://doi.org/10.53976/jmi.v11i1
Institut Madani adalah Jurnal bidang Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya menyambut baik naskah-naskah berkualitas tinggi yang dihasilkan dari sebuah proyek penelitian dalam lingkup Pendidikan, Pendidikan Islam, Hukum, Ilmu Politik dan Sosial
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya" : 5 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS VI SDN KLENDER 16 PAGI Akhmad Taufieq H
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.732 KB)

Abstract

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan tujuan memiliki mutu yang tinggi untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, berdemokrasi, dan mampu bersaing sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan semua warga negara Indonesia, dengan mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial akan mengajak siswa menuju kehidupan yang akan dijalani dengan sikap, prilaku dan tindakan dilakukan membawa budaya sendiri sehingga tidak tercabut dari budaya bangsa Indonesia. Berdasarkan syarat profesi sebagai guru tersebut, maka jelas masih banyak pendidik yang belum atau tidak sesuai dengan profesi yang dijalankannya seperti keahlian yang disyaratkan pada jenjang tertentu tetapi karena kebijakan pemerintah masih dijumpai pendidik yang belum atau tidak sesuai dengan persyaratan tersebut, dan berdasarkan masalah-masalah yang timbul inilah menggugah penulis melakukan penelitian tindakan kelas terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas VI SDN Klender 16 Pagi dilihat dari Metode pembelajaran dalam kompetensi dasar kemampuan mengenal dan menghargai perjuangan para tokoh dalam kompetensi dasar kemampuan mengenal dan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Melihat luasnya permasalahan dan untuk mengefektifkan hasil penelitian serta mengingat keterbatasan waktu, maka tidak semua faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS dapat diteliti secara keseluruhan, maka fokus penelitian terdapat pada mata pelajaran IPS pada Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di kelas VI SDN Klender 16 Pagi dengan menggunakan metode sosiodrama. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang akan dipecahkan adalah sesuai dengan judul peningkatan hasil belajar IPS pada perjuangan mempertahankan kemerdekaan melalui metode sosiodrama. Bahan catatan yang dibuat dengan prosedur tindakan kegiatan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan perbaikan pada setiap siklus menggunakan tekhnik kolaborasi antar unsur-unsur yang terkait diantaranya : guru sebagai subjek sekaligus objek penelitian, siswa, rekan sejawat dan pihak terkait lainnya.
UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DI SMP 41 JAKARTA SELATAN Amin Trisnanto
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.714 KB)

Abstract

Berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan dalam Bahasa Indonesia yang sangat penting. Oleh karena itu, meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran Bahasa Indonesia harus dilakukan dengan maksimal.  Berdasarkan pengamatan langsung oleh peneliti ke sebuah sekolah di daerah Jakarta  tepatnya di kelas VII SMPN 41 Jakarta Selatan, peneliti menyimpulkan beberapa masalah yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran di kelas tersebut diantaranya : Pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara terlihat timpang, kesempatan berbicara tidak merata, dan terdapat dominasi pada beberapa orang siswa tertentu. Kebanyakan siswa sulit didorong untuk berbicara. Rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan terlihat kurang. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengolah maksud dan pikirannya ke dalam susunan kalimat yang efektif dan bisa dimengerti orang. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membangun komunikasi dalam kelompok ataupun di depan kelas, baik itu mengemukakan pendapat maupun memberi tanggapan. Guru mengalami kesulitan dalam menyajikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif dan menyenangkan. Hampir semua siswa tidak konsisten dalam menggunakan Bahasa Indonesia karena bahasa komunikasi yang digunakan dalam kesehariannya adalah bahasa ibu, yaitu bahasa daerah Jakarta . Fokus masalah penelitian pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk berbicara mengungkapkan ide, gagasan dan perasaannya dengan baik dan lancar, baik itu di dalam diskusi kelompok maupun di depan kelas
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR Budi Ichtiarti
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.764 KB)

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, penggunaan matematika tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itulah konsep-konsep dasar matematika harus dikuasai siswa sejak dini, yang akhirnya terampil dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengurangan adalah salah satu operasi hitung yang mulai diajarkan di kelas 1 (satu) Sekolah Dasar. Biasanya guru menjelaskan konsep pengurangan terpisah dengan masalah sehari-hari, sehingga sulit diterima siswa. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran tidak bermakna, padahal operasi pengurangan harus sudah dikuasai oleh siswa untuk melanjutkan ke pembelajaran selanjutnya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar matematika siswa kelas I Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pengurangan meningkat bila menggunakan permainan kartu bergambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Utan Kayu Selatan 16 Pagi, Jakarta dengan jumlah siswa 39 orang. Sementara observer dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kelas, yang akan membantu melakukan pengamatan selama peneliti melaksanakan pembelajaran dengan penggunaan kartu bergambar. Hasil penelitian ini adalah bahwa kualitas dan kuantitas pembelajaran dapat diukur melalui format pengamatan proses belajar mengajar, sedangkan nilai keberhasilan dari siswa adalah nilai hasil belajar atau post test. Pengefektifan alat bantu kartu bergambar sangat diperlukan dalam menanamkan konsep pengurangan di kelas satu SD, sehingga memudahkan siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan pengurangan di kelas-kelas berikutnya maupun pada pembelajaran selanjutnya. Dengan menggunakan alat bantu kartu bergambar dalam penanaman konsep pengurangan, siswa dapat memahami dengan benar nilai angka suatu bilangan sehingga mengerti arti pengurangan dan dapat melakukan pengurangan dengan benar. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa PTK adalah suatu cara yang tepat untuk mengetahui secara langsung kekurangan baik dari siswa maupun dari guru yang mengajar. Keberhasilan ditunjukkan dengan adanya kemajuan yang bermakna dari siklus I sampai siklus ke III atau yang terkahir
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA TENTANG ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS II SDN KEBON MANGGIS 01 PAGI Parto
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.727 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu komponen dari pendidikan adalah pembelajaran adalah pembelajaran di sekolah, yang meliputi beberapa bidang studi atau mata pelajaran yang sudah diajarkan sejak siswa menduduki bangku sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Salah satu mata pelajaran yang telah diajarkan sejak di bangku sekolah dasar adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan permasalahan di atas dilakukan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode keterampilan proses dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Kebon Manggis 01 Pagi. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat diidentifikasi area sebagai berikut: Apakah IPA masih dianggap pelajaran yang sulit dan pelajaran yang dianggap tidak menyenangkan? Mengapa Motivasi belajar IPA siswa rendah? Mengapan siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar mata pelajaran IPA? Bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi belajar kepada siswanya? Bagaimana penerapan pendekatan keterampilan proses di kelas?. Dari identifikasi area penelitian, maka didapatkan fokus penelitian sebagai berikut:“Apakah metode keterampilan proses dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Kebon Manggis 01 Pagi?” Berdasarkan pembatasan masalah sebagaimana telah diuraikan di atas, maka perumusan masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian tindakan ini adalah: “Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dalam melalui metode keterampilan proses pada pelajaran IPA di kelas II SDN Kebon Manggis 01 Pagi
Konsepsi Media Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an Ahmad Zain Sarnoto
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53976/jmi.v4i2.133

Abstract

Peneltian ini untuk mengungkap konsepsi dasar media pembelajaran dalam Al-Qura'an, media sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, dengan media seorang guru dapat  menyampaikan semua pesan dalam materi pembelajarannya, dengan media pula interaksi pembelajaran dapat berlangsung efektif. Al-Qur'an bagi umat Islam tidak saja berfungsi sebagai kitab suci, melainkan sumber ajaran yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan, demikian juga dalam berlangsungnya proses pendidikan. dalam penelitian ini objek kajiannya adalah penafsiran para mufasir dalam mengterprestasikan ayat-ayat Al-Qur'an yang dapat dijadikan landasan membangun konsepsi adanya media pembelajaran. metode yang digunakan adalah studi kepustkaan, dimana sumber datanya didapatkan dari litaratur baik buku, jurnal maupun sumber lainnya.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 12 No. 1 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 11 No. 2 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 11 No. 1 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 2 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 1 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 9 No. 2 (2020): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 9 No. 1 (2020): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 2 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 2 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 1 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 1 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 2 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 1 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 3 No. 1 (2014): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 2 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 2 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya More Issue